Instrumen Kemampuan Motorik Diskrit untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38177Keywords:
Instrument, kemampuan motoric, diskritAbstract
Belum adanya instrumen yang tepat untuk mengembangkan penilaian motorik diskit pada anak usia dini. Guru masih mengalami kendala ketika menyusun instrumen penilaian tentang kemampuan motorik diskrit. Tujuan penelitian ini yaitu menciptakan instrumen kemampuan motorik diskrit pada anak usia dini. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan prosedur RDR.Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 2 orang ahli instrument penilaian. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaiu angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Pengujian validitas butir instrumen menggunakan teknik korelasi product moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronboacth. Hasil penelitian yaitu hasil perhitungan indeks validitas instrumenkemampuan motorik diskrit pada anak usia dini adalah 1,00 sehingga berada pada kriteria sangat tinggi. Hasil uji reliabilitas memperoleh nilai sebesar 0,89 (sangat tinggi). Jadi dapat disimpulkan bahwa instrumenkemampuan motorik diskrit pada anak usia dini layak digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu intsrumen yang digunakan dapat digunakan oleh guru untuk mengukur kemampuan motorik diskrit pada anak.
References
Adjii, K. (2019). Instrumen penilaian kedisiplinan siswa sekolah menengah kejuruan. Assessment and Research on Education, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33292/arisen.v1i1.19.
Afrita, M., & Darussyamsu, R. (2020). Validitas Instrumen Tes Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Materi Sistem Respirasi di Kelas XI SMA. Jurnal Mangifera Edu, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v4i2.83.
Agung, Guna, & Pudjawan. (2019). Game Education Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Paket. Jurnal Edutech Undiksha, 7(2), 2019. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v7i2.21669.
Amanda, N. R., Antara, P. A., & Magta, M. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Regulasi Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7843.
Antara, P. A. (2015). Pengembangan Bakat Seni Anak Pada Taman Kanak-Kanak. Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.1001.4.
Antara, P. A. (2018). Stimulasi Metode Permainan Kreatif Berdesain Creative Movement Dalam Menumbuhkan Kemampuan Spasial Anak Dengan Mempertimbangkan Kemampuan Anak Mempertimbangkan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.122.11https://doi.org/10.21009/JPUD.122.11.
Antara, P. A. (2019). Implementasi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Dengan Pendekatan Holistik. VISI: Jurnal Ilmiah Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 14(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.1401.2.
Antara, P. A., & Aryaprastya, I. G. K. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Melalui Metode Bermain Peran (Penelitian Tindakan Kelas Di Taman Kanak-Kanak Labschool Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja-Bali, Tahun 2011). Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 1(2). https://doi.org/http://jurnal.upi.edu/7/view/1911/.
Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.123-148.
Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam suatu Penelitian. The Original Research of Mathematics, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i1.571.
Asmara, B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Pada Anak Usia Dini Di Kelompok A TK Khadijah Surabaya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v6i1.3624.
Asyhari, A. (2019). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains Berbasis Nilai-Nilai Islam Dan Budaya Indonesia Dengan Pendekatan Kontekstual. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i14.
Baidhowi. (2018). Instrumen Penilaian Sikap Sosial (Studi Penilaian Sikap Sosial pada mata pelajaran Fikih di Jurusan Tehnik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Patuk) Muhammad Rizal. Jurnal Edudeena, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.518.
Barus, G. (2015). Menakar Hasil Pendidikan Karakter Terintegrasi Di SMP. Cakrawala Pendidikan, 34(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4827.
Candra, I., Sulistya, N., & Prasetyo, T. (2018). Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 2(4). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16167.
Chan, S. W., & Ismail, Z. (2014). Developing Statistical Reasoning Assessment Instrument for High School Students in Descriptive Statistics. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.943.
Darmiatun, S., & Mayar, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327.
Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16209.
Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2012). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/http://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50.
Handayani, Purwadi, & Prasetiyawati. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Melalui Permainan Alat Musik Tradisional Angklung Pada Anak Kelompok B RA Karakter Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3272.
Herdiansyah, Cholily, & Cahyono. (2019). The Development of Interactive Instructional Media Using Adobe Flash in a Form of Game on the Geometry Lesson (Cube and Cuboid) for Secondary School. Mathematics Education Journal, 3(1), 32. https://doi.org/10.22219/mej.v3i1.8418.
Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468.
Indah Septiani, A. nisa N. S., Septiani, I., Rejekiningsih, T., Triyanto, & Rusnaini. (2020). Development of interactive multimedia learning courseware to strengthen students’ character. European Journal of Educational Research, 9(3), 1267–1279. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1267.
Izzati, L., & Yulsyofriend. (2020). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.486.
Kapila, & Iskander. (2014). Lessons learned from conducting a K12 project to revitalize achievement by using instrumentation in Science Education. Journal of of STEM Education, 15(1), 46–51.
Kartono, C. S. (2013). Pengembangan Model Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2).
Khaerunnnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.
Lestariani, L. P., Mahadewi, L. P. P., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran tari kreatif terhadap kemampuan motorik kasar kelompok b gugus I Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 236–245. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010.
Maulida, I., Dibia, I. K., & Astawan, I. G. (2020). The Development of Social Attitude Assessment Instrument and Social Studies Learning Outcomes Grade IV on Theme of Indahnya Keragaman di Negeriku. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 12. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i2.25823.
Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615.
Monica, Gorghiu, Bîzoi, & Marra. (2011). a Modern Instrument Used in Teachers ’ Training Process. Procedia Computer Science, 3(1), 563–567. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.procs.2010.12.09.
Novitasari, L., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i1.41-52.
Nurani, Y., & Mayangasri, T. (2017). Pengembangan Model Kegiatan Sentra Bermain Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.112.15.
Nurjani, Y. Y. (2019). Upaya Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Journal of Sport, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1026.
Nurjannah, D. (2018). Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Bermain Papercraft (Penelitian Tindakan di TK Alam Rizkia, Depok). Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-03.
Nurwita, S. (2019). Pemanfaatan Media Puzzle dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di PAUD AIZA Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.285.
Pramana, I. P. A., Tegeh, I. M., & Agung, A. A. G. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Kelas VI di SD N 2 Banjar Bali Tahun 2015/2016. Edutech Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7631.
Pratiwi, & Rahmah. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Main Peran untuk Mengembangkan Motorik Halus AUD. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2018.181-190.
Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–68. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697.
Puspita, P. M., Wirya, N., & Antara, A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Tk Catur Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7809.
Romlah. (2017). Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2314.
Segers, M., Martens, R., & Bossche, P. Van den. (2018). Understanding how a case-based assessment instrument influences student teachers’ learning approaches. Teaching and Teacher Education, 24(7). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2008.02.022.
Setiawan, D., & Wilujeng, I. (2016). The Development Of Scientific-Approach-Based Learning Instrumentsintegrated With Red Onion Farming Potency 1 In Brebes Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 22–23.
Siddiq, F., Hatlevik, O. E., Olsen, R. V., Throndsen, I., & Scherer, R. (2019). Taking a future perspective by learning from the past – A systematic review of assessment instruments that aim to measure primary and secondary school students’ ICT literacy. Educational Research Review, 16. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.edurev.2016.05.002.
Solihah, A. N., Jubaedah, Y., & Rifa’i, M. S. S. (2020). Pengembangan Instrumen Pengukuran Perkembangan Sosial-Emosional Anak Berbasis Home-Based Childcare. Widyadari, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3517997.
Suriati, Kuraedah, Erdiyanti, & Anhusadar, L. O. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.299.
Suryani. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Dengan Model Latihan Penelitian Di Sekolah Dasar. Jurnal Pedadidakdikta, 3(2).
Sutrisno. (2016). Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56.
Swastrini, Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764.
Syafi’i, I. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Pada Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kelompok B Di Tk Hasyim Asyari Surabaya. Islamic Edukids, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20414/iek.v3i1.3444.
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Undiksha.
Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (Hots) Berorientasi Programme For International Student Asessment (Pisa) Pada Peserta Didik. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069.
Utomo, I. A., Ramli, M., & Furaidah. (2018). Penerapan Strategi Bermain melalui Media Busy Book untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1594–1598. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.12553.
Widiari, M., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Ekspositori terhadap Hasil Belajar Matematika di SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3548.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.
Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)