Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi

Authors

  • Ni Wayan Uci Ratna Dewi Universitas Pendidikan Ganehsa
  • Nice Maylani Asril Universitas Pendidikan Ganehsa
  • Dewa Gede Firstia Wirabrata Universitas Pendidikan Ganehsa

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800

Keywords:

Counting skills, videos, animations

Abstract

Rendahnya kemampuan berhitung pada siswa disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang dapat memfasilitasi anak belajar secara mandiri. Selain itu pembelajaran juga kurang menarik sehingga membuat siswa bosan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model yang digunakan yaitu ADDIE. Subjek pada penelitian ini berjumlah terdiri dari 2 orang ahli materi pelajaran dan 2 orang ahli media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian pengembangan ini yaitu menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu hasil uji ahli isi mata pelajaran dan hasil uji dari ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 1,00 sehingga mendapatkan kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan berupa video animasi layak diterapkan dalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dapat memudahkan siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini.

Author Biographies

Ni Wayan Uci Ratna Dewi, Universitas Pendidikan Ganehsa

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Nice Maylani Asril, Universitas Pendidikan Ganehsa

PGPAUD

Dewa Gede Firstia Wirabrata, Universitas Pendidikan Ganehsa

PGPAUD

References

Agustin, M., Inten, D. N., Permatasari, A. N., & Mulyani, D. (2021). Strategi Guru PAUD dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di Saat Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1055.

Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702.

Annisa, E. N., Supriyati, Y., & Nurani, Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Berhitung dan Kardinalitas melalui Penggunaan Media Rangkasbitung. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.441.

Antika, H., Priyanto, W., & Purnamasari, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Sandisko Dengan Model Somatic Auditory Visualization Intellectually Terhadap Hasil Belajar Tema Kebersamaan Kelas 2. Mimbar Ilmu, 24(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21288.

Asnur, & Ambiyar. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video Pada Mata Kuliah Tata Boga II. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435.

Astuti, & Istiarini. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Puzzle di PAUD Flamboyan Sukasari Kota Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2338.

Aulia, B. N. R., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082.

Awalia, I., Pamungkas, & Alamsyah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Awalia, Izomi, Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 1(155). https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Delfia, E., & Mayar, F. (2020). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.350.

Fadlullah. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidkan Islam, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.3195.

Fauziddin. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak-Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai, 1(1), 49–54. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.55.

Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran., 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The effect of project based learning with virtual media assistance on student’s creativity in physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.

Halim, D. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825.

Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767.

Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747.

Imamah, N. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivisme Dipadukan Dengan Video Animasi Materi Sistem Kehidupan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1). https://doi.org/https://doi.org.10.15294/jpii.v1i1.2010.

Jogezai, N. A., Baloch, F. A., Jaffar, M., Shah, T., Khilji, G. K., & Bashir, S. (2021). Teachers’ Attitudes Towards Social Media (SM) Use in Online Learning Amid The COVID-19 Pandemic: The Effects of SM Use by Teachers and Religious Scholars During Physical Distancing. Journal Heliyon, 7(4), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06781.

Joni, J. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu TK Mutiara Pekanbaru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.44.

Kasih, F. R. (2017). Pengembangan Film Animasi dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar di SMA. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1737.

Krishna, P. D. M., Sudhita, I. W. R., & Mahadewi, L. P. P. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas VIII Semester Genap. E-Journal Edutech Universitas PendidiKrishna, P. D. M., Sudhita, I. W. R., & Mahadewi, L. P. P. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas VIII Semester Genap. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.2387/jeu.v3i1.5701.

Kurniawan, Agung, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar Sepak Bola Dengan Konsep Quantum Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 179–188. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20374.

Malapata, E., & Wijayanigsih, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung. Jurnal Obsesi, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.183.

Maqfiroh, Khutobah, & Budyawati. (2020). Pengembangan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran berbasis Multiple intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 64–74. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/24230/12062.

Mardati, Asih, & Wangit. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120– 132. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532.

Meilinda. (2020). Implementasi Konsep Pengasuhan Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini (Survei Di Desa Adat Serangan). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 121–129. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.25654.

Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927.

Nasution, N., Yaswinda, Y., & Maulana, I. (2020). Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.311.

Neppala, P., Sherer, M. V., Larson, G., Bryant, A. K., Panjwani, N., Murphy, J. D., & Gillespie, E. F. (2018). An Interactive Contouring Module Improves Engagement and Interest in Radiation Oncology Among Preclinical Medical Students: Results of a Randomized Trial. Practical Radiation Oncology, 8(4), e190–e198. https://doi.org/10.1016/j.prro.2018.01.001.

Pertiwi, I. N., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3), 261–270. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412.

Putra, I. G. D., & Sujana. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Educational Technology, 4(1), 103–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jet.v4i2.25099

Qumillaila, Susanti, & Zulfiani. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia. Cakrawala Pendidikan, 34(1), 57–69. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/9786/pdf. %0A.

Rahayu, N. (2020). Hasil Karya Siswa Sebagai Penilaian Autentik Berbasis Kelas Di Kelompok B Usia 5-6 Tahun Tk An-Nur 1 Yogyakarta. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.17279.

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185.

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma: Jurnal Komputer Dan Informatika Univiersitas Bina Sarana Informatika, 21(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019.

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin, H. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipons Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428.

Siddiq, Sudarma, & Simamora. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi Pada Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 49–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928.

Silmi, M. ., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan RI SD Kelas V. Jpgsd, 6(4). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23611.

Solihati, S. (2015). Efektifitas Media Panggung Boneka untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita pada Anak Usia Dini. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.2345/modeling.v2i2.2176.

Suastariyani, N. K. N., & Tirtayani, L. A. (2020). Survei Persepsi Orang Tua Mengenai Program Paud Inklusi Di Kota Denpasar Tahun 2020. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v8i2.25156.

Sudiarta, I. G. P., & Sandra, I. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009.

Sunismi. (2015). Developing Guided Discovery Learning Materials Using Mathematics Mobile Learning Application As An Alternative Media For The Students Calculus II. Cakrawala Pendidikan, 34(3), 334–346. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7340.

Sutrisno, T., Agung, Y. A., Tri Sutrisno, & Yudha Anggana Agung. (2013). Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface Di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(03), 1068–1074. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/17213.

Swastrini, Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764.

Taqiya, Nuroso, & Reffiane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492.

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Berhitung Siswa Melalui Media Kotak Ajaib Berbasis Stem Pada Materi Konsep Penjumlahan. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.011.02.

Utomo, I. A., Ramli, M., & Furaidah, F. (2018). Penerapan Strategi Bermain melalui Media Busy Book untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12). https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.12553.

Yuniarni, Sari, & Atiq. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.

Downloads

Published

2021-07-09

How to Cite

Ratna Dewi, N. W. U., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99–106. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36800

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>