Coping Strategy Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Dari Rumah
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.49389Keywords:
Copying Strategy, Daring, Orang tuaAbstract
Adanya pandemic Covid-19 menyebabkan orangtua harus mendampingi anaknya dalam melaksanakan pembelajaran daring. Pandemi menyebabkan kurangnya semangat anak dan kurangnya kemampuan orang tua dalam mendampingi belajar anak serta pembagian waktu dalam bekerja dan membimbing anak belajar, sehingga orang tua menjadi kewalahan dan tertekan dengan tantangan dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan coping strategy yang digunakan orangtua dalam mendampingi anak usia dini belajar dari rumah. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 pasang orangtua siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa orangtua dalam mendampingi anak usia dini belajar dari rumah lebih dominan menggunakan bentuk coping strategy yang berpusat pada masalah, sedangkan emotional focused coping muncul ketika orangtua membutuhkan dukungan dari lingkungan terdekat. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dalam mendampingi anak usia dini belajar dari rumah, orangtua lebih dominan menggunakan bentuk coping strategy yang berfokus pada masalah dibandingkan dengan emotional focused coping. Implikasi penelitian ini yaitu hasil penelitian dapat digunakan sebagai refrensi mengenai coping strategy orang tua dalam mendampingi anak usia dini pada pelaksanaan pembelajaran daring.
References
Andriyani, J. (2019). Strategi Coping Stres Dalam Mengatasi Problema Psikologis. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 37. https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6527. DOI: https://doi.org/10.22373/taujih.v2i2.6527
Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117
Chan, P. C. F., Tsang, C. T. W., Tse, A. C. Y., C.H.Wong, C., Tang, H. N., & Law, W. Y. (2022). Psychological Well-being and Coping Strategies of Healthcare Students During The Prolonged COVID-19 Pandemic. Teaching and Learning in Nursing. https://doi.org/10.1016/j.teln.2022.05.008. DOI: https://doi.org/10.1016/j.teln.2022.05.008
Cheng, K.-T., & Chang, K. (2022). The efficacy of stress coping strategies in Taiwan’s public utilities during the COVID-19 pandemic. Utilities Policy, 79, 101431. https://doi.org/10.1016/j.jup.2022.101431. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jup.2022.101431
Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84. DOI: https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84
Clabaugh, A., Duque, J. F., & Fields, L. J. (2021). Academic Stress and Emotional Well-Being in United States College Students Following Onset of the COVID-19 Pandemic. Frontiers in Psychology, 12(March). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.628787. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.628787
Hidayat, M. F., & Zakwan, A. (2021). Coping Stress Pada Ibu Yang Bekerja Dalam Membimbing Anak Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid. Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), 138–145. https://doi.org/10.31604/jips.v8i2.2021.138-145.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256 DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2020). Manajemen stres orangtua selama mendampngi pembelajaran daring. Kajian Keislaman Multi-Perspektif IAIN : Surakarta, 1(1). https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3256. DOI: https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3256
Lutfia, N. H. H., Ramadhia, U., & Purna, R. S. (2020). Strategi coping stress saat kuliah daring pada mahasiswa psikologi angkatan 2019 Universitas Andalas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 15(1), 29–43. https://doi.org/10.26905/jpt.v15i1.4829. DOI: https://doi.org/10.26905/jpt.v15i1.4829
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55. DOI: https://doi.org/10.33096/eljour.v1i2.55
Muthalib, A., Juliana, J., Wijayanti, D., & Syahputri, P. (2021). Pengaruh Covid 19 Bagi Pendidikan Anak Usia Dini Di Kaitkan Dengan Hadist Menuntut Ilmu Di Tk Islam Najmah Rugayah Darus Medan Helvetia. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 9–21. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.120. DOI: https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.120
Ni’mah, U., & Setyawan, D. A. (2021). Online Learning : Analisis Faktor Penuruanan Disiplin Peserta Didik Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Paedagogia, 10(1), 33–48. https://doi.org/doi.org/10.24239/pdg.Vol10.Iss1.134.
Pertiwi, L. K., Febiyanti, A., & Rachmawati, Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 19–30. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.26702. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.26702
Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Project-Based Drawing Activities in Improving Social-Emotional Skills of Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970
Rosidah, N. S. (2021). Strategi Management Stress Orangtua Selama Mendampingi Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling UNIVERSITAS PATTIMURA, 1(1), 140–148.
Siddiqi, H., Sudirman, S., & Turmuzi, M. (2021). Strategi Orang Tua Membimbing Anak Belajar dari Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 638–643. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.311. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.311
Sizeh, N., Alfianto, A. G., & Ramadhani, R. (2021). Hubungan Pendampingan Pembelajaran Online dengan Tingkat Stres pada Orang Tua Selama Pandemi Covid 19. Media Husada Journal of Nursing Science, 2, 21–27. https://doi.org/10.33475/mhjns.v2i2.44.
Styowati, E., & Utami, F. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Sains Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 4, 2472–2482. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1970
Sulastri, A., & Masriqon, M. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid 19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4109–4119. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1504. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1504
Susantyo, B., Rahman, A., Erwinsyah, R. G., As’adhanayadi, B., Nainggolan, T., Delfirman, D., Irmayani, N. R., & Arifin, J. (2020). Pemetaan strategi coping keluarga penerima manfaat program keluarga harapan menghadapi wabah COVID-19 di Kota Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang Selatan. Puslitbangkesos Kementerian Sosial RI bekerjasama P3KS Press Gedung Cawang Kencana Lt. 2.
Susilowati, E., & Azzasyofia, M. (2020). The Parents Stress Level in Facing Children Study From Home in the Early of COVID-19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Science and Society, 2(3), 1–12. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v2i3.117. DOI: https://doi.org/10.54783/ijsoc.v2i3.117
Sutini. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Mitra Guru Dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid – 19. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(2), 29–35. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i2.127. DOI: https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i2.127
Tsalisah, N. H., & Syamsudin, A. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2391–2403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1958. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1958
Wiguna, I. B. A. A., & Ekaningtyas, N. L. D. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar Daring Di Rumah. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 86. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2141. DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2141
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Yuhenita, N. N., & Indiati, I. (2021). Tingkat Resiliensi Orang Tua dalam Mendampingi Anak Sekolah dari Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(6), 5336–5341. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1583. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1583
Yulianti, Y., & Ricky, D. P. (2022). Tingkat Stres Ibu Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Nutrix Journal, 6(1), 35. https://doi.org/10.37771/nj.vol6.iss1.793. DOI: https://doi.org/10.37771/nj.Vol6.Iss1.793
Zahroh, F., Habibi, M., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2022). Strategi Orang Tua dalam Menangani Gejala Stres pada Anak TK B Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.47134
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yosefine Evigia Ayu Palupi, Luh Ayu Tirtayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)