Karakteristik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Masa New Normal Pada Taman Kanak-Kanak
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.52057Keywords:
Pembelajaran new normal, RPPH, Taman Kanak-KanakAbstract
Kurangnya pelatihan ataupun informasi tentang rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) di masa new normal mengakibatkan guru mengalami hambatan dalam penyusunan RPPH di masa new normal pada taman kanak-kanak. Berdasarkan situasi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui karakteristik RPPH masa new normal pada taman kanak-kanak yang disusun oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni 34 orang guru di taman kanak-kanak. Penarikan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner atau angket yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan responden setuju melakukan penyesuaian atau perubahan pada beberapa komponen penyusun RPPH masa new normal pada taman kanak-kanak. Dengan rincian sebagai berikut: pada komponen alokasi waktu sebesar 65%, KI dan KD sebesar 51%, materi pembelajaran sebesar 56%, metode pembelajaran sebesar 39%, media pembelajaran sebesar 66%, dan langkah-langkah pembelajaran sebesar 74%. Pada beberapa komponen lainnya guru menyatakan tidak setuju melakukan penyesuaian atau perubahan, sebagai berikut: pada komponen identitas sekolah sebesar 100%, tema/sub-tema sebesar 56%, kelas/semester sebesar 44%, penilaian hasil belajar sebesar 42% dan tidak menyertakan sumber belajar pada RPPH masa new normal sebesar 40%. Dari hasil temuan dapat dinyatakan bahwa RPPH masa new normal yang disusun guru disesuaikan dengan situasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung di lembaga TK dan peraturan yang berlaku di lingkungan lembaga TK.
References
Afif, N., & Qowwim, A. N. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(02), 57–63. https://doi.org/10.56872/elathfal. v1i02.274. DOI: https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i02.274
Ahmad, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803
Bahri, S., & Arafah, N. (2021). Kebijakan Pendidikan Dalam Stabilitas Mutu Pembelajaran Anak Usia Dini Era Pandemi Disease. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 14–22. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.224. DOI: https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.224
Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/ bi.v4i2.1107. DOI: https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1105
Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261. DOI: https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261
Istiana, Y. (2021). Merancang Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 25. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.492. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.492
Karima, N., & Muryanti, E. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Pembelajaran Pada Era New Normal Di Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Bayan Jorong Tabubaraie Nagari Paninjauan. Jurnal Golden Age, 5(02), 466–473. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3955.
Madrika, Rusdin, & H. Tahang, J. (2021). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Daring Di Paud Islam Terpadu Anak Mandiri Kota Palu Di Masa Pandemi Covid-19. Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 62–72. https://doi.org/10.24239/abulava.Vol2.Iss1.20. DOI: https://doi.org/10.24239/abulava.Vol2.Iss1.20
Monica, M. A., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(2), 643–653. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.781. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.781
Muskania, R., & Zulela. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2. 15298. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nasrullah, N., & Bachtiar, M. Y. (2021). Inovasi Pembelajaran Daring dan Dampak Bagi PAUD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1007–1019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1411. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1411
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41. https://doi.org/10.24036/108806. DOI: https://doi.org/10.24036/108806
Pamungkas, J., Hayati, N., & Maryatun, I. B. (2016). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Paud Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12389. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12389
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557. DOI: https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557
Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454. DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454
Sabila, N., & Zuhdi, U. (2021). Analisis Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis Daring: Rencana, Implementasi dan Evaluasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 2560–2571. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/40666.
Shofa, M. F. (2020). Inovasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini dI Masa Pandemi Covid 19. BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5(2), 86–96. https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820. DOI: https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820
Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582
Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915
Tiara, D. R., & Pratiwi, E. (2020). Pentingnya Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring di Lembaga PAUD. Jurnal Golden Age, 4(2), 362–368. https://doi.org/10.29408/goldenage. v4i02.2624. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2624
Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 27(2). https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020. DOI: https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dewa Ayu Putu Ariska Yudiantari Ariska, Luh Ayu Tirtayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)