Karakteristik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Masa New Normal Pada Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Dewa Ayu Putu Ariska Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Luh Ayu Tirtayani Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.52057

Keywords:

Pembelajaran new normal, RPPH, Taman Kanak-Kanak

Abstract

Kurangnya pelatihan ataupun informasi tentang rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) di masa new normal mengakibatkan guru mengalami hambatan dalam penyusunan RPPH di masa new normal pada taman kanak-kanak. Berdasarkan situasi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui karakteristik RPPH masa new normal pada taman kanak-kanak yang disusun oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian survei deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni 34 orang guru di taman kanak-kanak. Penarikan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan menggunakan metode kuesioner atau angket yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan responden setuju melakukan penyesuaian atau perubahan pada beberapa komponen penyusun RPPH masa new normal pada taman kanak-kanak. Dengan rincian sebagai berikut: pada komponen alokasi waktu sebesar 65%, KI dan KD sebesar 51%, materi pembelajaran sebesar 56%, metode pembelajaran sebesar 39%, media pembelajaran sebesar 66%, dan langkah-langkah pembelajaran sebesar 74%. Pada beberapa komponen lainnya guru menyatakan tidak setuju melakukan penyesuaian atau perubahan, sebagai berikut: pada komponen identitas sekolah sebesar 100%, tema/sub-tema sebesar 56%, kelas/semester sebesar 44%, penilaian hasil belajar sebesar 42% dan tidak menyertakan sumber belajar pada RPPH masa new normal sebesar 40%. Dari hasil temuan dapat dinyatakan bahwa RPPH masa new normal yang disusun guru disesuaikan dengan situasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung di lembaga TK dan peraturan yang berlaku di lingkungan lembaga TK.

References

Afif, N., & Qowwim, A. N. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. El-Athfal : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 1(02), 57–63. https://doi.org/10.56872/elathfal. v1i02.274. DOI: https://doi.org/10.56872/elathfal.v1i02.274

Ahmad, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendampingan Sistem Daring, Luring, atau Kombinasi pada Masa New Normal Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(4), 258. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2803

Bahri, S., & Arafah, N. (2021). Kebijakan Pendidikan Dalam Stabilitas Mutu Pembelajaran Anak Usia Dini Era Pandemi Disease. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 14–22. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.224. DOI: https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.224

Firmansyah, Y., & Kardina, F. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/ bi.v4i2.1107. DOI: https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1105

Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261. DOI: https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261

Istiana, Y. (2021). Merancang Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 25. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.492. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.492

Karima, N., & Muryanti, E. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Pembelajaran Pada Era New Normal Di Taman Kanak-Kanak (TK) Al-Bayan Jorong Tabubaraie Nagari Paninjauan. Jurnal Golden Age, 5(02), 466–473. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3955.

Madrika, Rusdin, & H. Tahang, J. (2021). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Daring Di Paud Islam Terpadu Anak Mandiri Kota Palu Di Masa Pandemi Covid-19. Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 62–72. https://doi.org/10.24239/abulava.Vol2.Iss1.20. DOI: https://doi.org/10.24239/abulava.Vol2.Iss1.20

Monica, M. A., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(2), 643–653. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.781. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.781

Muskania, R., & Zulela. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155–165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2. 15298. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nasrullah, N., & Bachtiar, M. Y. (2021). Inovasi Pembelajaran Daring dan Dampak Bagi PAUD Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1007–1019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1411. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1411

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41. https://doi.org/10.24036/108806. DOI: https://doi.org/10.24036/108806

Pamungkas, J., Hayati, N., & Maryatun, I. B. (2016). Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Paud Berbasis Budaya. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12389. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i2.12389

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557. DOI: https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454. DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Sabila, N., & Zuhdi, U. (2021). Analisis Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis Daring: Rencana, Implementasi dan Evaluasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(6), 2560–2571. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/40666.

Shofa, M. F. (2020). Inovasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini dI Masa Pandemi Covid 19. BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5(2), 86–96. https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820. DOI: https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915

Tiara, D. R., & Pratiwi, E. (2020). Pentingnya Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring di Lembaga PAUD. Jurnal Golden Age, 4(2), 362–368. https://doi.org/10.29408/goldenage. v4i02.2624. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2624

Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 27(2). https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020. DOI: https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Dewa Ayu Putu Ariska, & Luh Ayu Tirtayani. (2022). Karakteristik Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Masa New Normal Pada Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 183–189. https://doi.org/10.23887/paud.v10i2.52057

Issue

Section

Articles