Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran New Normal pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v10i3.53381Keywords:
Kesiapan Guru, Pembelajaran, New NormalAbstract
Perubahan sistem pembelajaran akibat pandemi Covid-19 menuju new normal memberikan tantangan bagi guru. Dimana guru dituntut untuk siap dalam menghadapi perubahan pembelajaran yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru PAUD dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa new normal. Jenis penelitian ini adalah survei deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni 161 guru PAUD. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik proporsional random sampling, dengan jumlah sampel akhir yakni 115 guru PAUD. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode kuesioner atau angket. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 58 % responden sangat setuju pada 3 komponen yang ada pada proses survei kesiapan guru Taman Kanak-Kanak (TK) dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa new normal di Kecamatan Gianyar. Rincian masing-masing persentase responden dimana menyatakan 57% pada komponen kesiapan sikap dan emosi, 61% komponen kesiapan kognitif, dan 55% komponen kesiapan perilaku. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diketahui bahwa kesiapan guru PAUD dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa new normal dari segi sikap dan emosi, kognitif, serta perilaku mendapatkan respon positif. Implikasi dari penelitian ini yaitu guru secara garis besar telah siap dalam melaksanakan pembelajaran pada masa new normal.
References
Afista, Y., Priyono, A., & Huda, S. A. A. (2020). Analisis Kesiapan Guru Pai Dalam Menyongsong Kebijakan Merdeka Belajar (Studi Kasus Di Mtsn 9 Madiun). Journal of Education and Management Studies, 3(6), 53–60. https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116–125. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.385.
Amirzan, A., Kasih, I., & Yahya, M. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Pengaruh Kesiapan Mental Terhadap Pencapaian Prestasi Olahraga. Journal Physical Education, Health, and Recreation, 3(2). https://doi.org/10.24114/pjkr.v3i2.13020.
Amrin, S., Ma, S. H. G., & Parera, H. R. (2021). Kesiapan Guru Ekonomi Dalam Menghadapi Online Learning Di Kota Ende. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 33–46. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/1232.
Anandita, M. P., & Maulidiyah, E. C. (2021). Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Pada Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Tahun 2021. Jurnal Golden Age, 5(1). https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3574.
Andriani, J., Setiawan, D., & Husein, R. (2018). Analisis Kesiapan Guru Kelas Dalam Implementasi Penilaian Otentik Pada Kompetensi Ranah Sikap Di SD Negeri Kecamatan Tebing Tinggi Kota. Jurnal Tematik, 8(2). https://doi.org/10.24114/jt.v8i2.12566.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Aprianti, N., & Sugito, S. (2022). Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Literature Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2785–2794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1663.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.
Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.
Bramasta, D., & Putra, A. D. (2021). Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(2), 137. https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.13330.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013.
Indra Rini, N. M. K. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini pada Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 457. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37421.
Iswantiningtyas, V., Yulianto, D., & Utomo, H. B. (2022). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dan Daring Masa Kenormalan Baru Pada Anak Usia Dini di Kabupaten Kediri. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 30–38. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6372.
Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494.
Karlina, S., & Sudarman, A. (2021). Implementasi Blended Learning pada pendidikan karakter anak usia dini masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 5(2), 5463–5469. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1847/Accessed:2021-11-30.
Kusuma, Y. Y. (2020). Analisis Kesiapan Guru Kelas Dalam Pengelolaan Kelas Pada Mata Pelajaran Tematik Di SD Pahlawan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 264–272. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1270.
Magdalena, I., Wahyuni, A., & Hartana, D. D. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Daring yang Efektif Selama Pandemi di SDN 1 Tanah Tinggi. Edukasi Dan Sains, 2(01), 366–377. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i2.1027.
Monica, M. A., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(2), 643–653. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.781.
Mufaziah, E., & Fauziah, P. (2020). Kendala Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1045–1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.746.
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529.
Ningsih, P. A. R., Putri, A. P., Rahhayu, R. S., & Suswandari, M. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama Pandemi Covid-19 Di Sd Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.728.
Putri, R. N. (2020). Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 705. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.1010.
Qoriah, M., Masitoh, S., & Setyowati, S. (2021). Analisis Guru dalam Menjaga Tata Kelola Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 549–557. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1453.
Rachman, S. A. (2020). Pentingnya Penyediaan Lingkungan Belajar yang Kondusif Bagi Anak Usia Dini Berbasis Kunjungan Belajar Di Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.4035268.
Ridwan, A., Siswanto, E., Susanto, S., Setianto, Y. C., Muslimin, S., & Arifin, M. Z. (2021). Penerapan Metode Belajar Daring untuk Pendidikan Anak Usia Dini S/D Pendidikan Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(01), 30. https://doi.org/10.30736/jab.v4i01.86.
Rini, N. M. K. K. I., & Tirtayani, L. A. (2021). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini pada Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 457. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.37421.
Safriyani, R., Wakhidah, E. W., & Supriyanto, C. (2021). Online Learning Strategies During Covid-19 in an Early Childhood Education. Musamus Journal of Primary Education, 1(1), 145–156. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3227.
Saumantri, T. (2022). Kesiapan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Era New Normal. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 23(1), 1–11. https://doi.org/10.33830/ptjj.v23i1.3094.2022.
Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139.
Shofa, M. F. (2020). Inovasi Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini dI Masa Pandemi Covid 19. BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 5(2), 86–96. https://doi.org/10.22515/bg.v5i2.2820.
Sidqi, N. A., & Auliya, P. (2021). Analisis Kesiapan Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Saat Covid-19. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 137–158. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3261.
Srihartini, Y., & Lestari, M. P. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 135–154. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v1i1.219.
Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582.
Suhardi, M., Albiy, R., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Analisis Dampak Regulasi Pemerintah Terhadap Moda Belajar Daring Di Rumah Bagi Pelaku Pendidikan Di Madrasah Pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1849–1858. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.684.
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05.
Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7315.
Tsalisah, N. H., & Syamsudin, A. (2022). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Proses Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2391–2403. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1958.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.
Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2021). Model Pembelajaran Menyongsong New Era Normal Pada Lembaga Paud Di Riau. Jurnal Sekolah, 4(3). https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18526.
Wiluya, Y., & Khastini, R. O. (2022). Pembelajaran Ips Menuju Era Revolusi Industri 4 . 0 Di Era New Normal Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 10(3), 193–197. https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3860.
Zelvionita, Y., & Wirman, A. (2021). Kesiapan Guru Taman Kanak-Kanak Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Coronavirus Disease 2019. Jurnal Family Education, 1(3). https://doi.org/10.24036/jfe.v1i3.14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Putu Nila Jayanti Nila, Luh Ayu Tirtayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)