Media E-Modul Berbasis Masalah Pada Muatan Pelajaran IPAS Materi Gaya di Sekitar Kita Kelas IV

Authors

  • I Gusti Ayu Diantari Pradnya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

E-Modul, Media Pembelajaran, Pengetahuan IPAS

Abstract

Kurangnya penggunaan media pada proses pembelajaran berdampak pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa kelas IV. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan E-Modul berbasis Masalah pada Muatan Pelajaran IPAS kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian yang digunakan adalah 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli isi desain instruksional, 1 ahli media pembelajaran, 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 9 siswa untuk uji kelompok kecil. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, kuesioner/angket dan tes, dengan instrumen penelitian berupa lembar kuesioner dan tes pilihan ganda (objektif). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil uji validitas produk menunjukkan bahwa ahli isi/materi pelajaran memperoleh skor 98% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional memperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran memperoleh skor 100% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan memperoleh skor 96,6% dengan kualifikasi sangat baik, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 92,2% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa E-Modul berbasis Masalah pada muatan pelajaran IPAS kelas IV SD layak untuk digunakan pada pembelajaran karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi pemanfaatan E-Modul sebagai media pembelajaran berbasis teknologi ditunjang oleh sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti akses internet (WiFi), Smartphone/Laptop, LCD/Proyektor, serta keterampilan guru maupun siswa untuk mengakses media E-Modul.

References

Aisyah, D. D., & Sucahyo, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Mobile Learning dan Pendekatan Inkuiri pada Materi Gelombang untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3), 23–31. https://doi.org/10.26740/ipf.v11n3.p23-31.

Aryawan, R., Gde Wawan Sudatha, I., Wayan Ilia Yuda Sukmana, A. I., & Teknologi Pendidikan, J. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6(2), 180–191. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU /article/view/20290https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20290.

Bayani, A. (2019). Pengembangan e-Book Matematika Berbasis Masalah Pada Materi Kubus Dan Balok SMP/MTs Kelas VIII. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 7. https://doi.org/10.33474 /jpm.v5i1.2625.

Darniyanti, Y., Rahmayati, I., & Filahanasari, E. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantu Canva Mata Pelajaran IPAS untuk Mendukung Merdeka Belajar Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1507–1517. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5631

Dharma, P. K. S., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Multimedia Online pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 115. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32164.

Eskris, Y., & Koeswanti, H. D. (2022). Media Pop-Up Book Berbasis Model Pembelajaran APACIN Meningkatkan Kemampuan Kefasihan Membaca Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 447–454. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.49358.

Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The Development of E-Module for Batik Local Content in Pekalongan Elementary School. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40–47. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/35592.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Kadek, N., Aristiani, R., Agung, A., & Agung, G. (2022). E-Book : Innovative Digital Learning Media For Social Science Lessons For Fifth-Grade Elementary School. 5(3), 410–419. https://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JLLS/article/view/54833.

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan E-Modul Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 91. https: // doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p1--13.

Komang Wiratama, N., & Gede Margunayasa, I. (2021). EModul Interaktif Muatan IPA Pada Sub Tema 1 Tema 5. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 258. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34805.

Lase, K. S., & Sudarma, I. K. (2023). Interactive E-Module Based on Scientific Approach in Science Content Learning for Sixth-Grade Students. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(2), 175–183. https: // doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i2.64508

Lavi, R., Tal, M., & Dori, Y. J. (2021). Perceptions of STEM alumni and students on developing 21st century skills through methods of teaching and learning. Studies in Educational Evaluation, 70, 101002. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101002.

Melyastiti, N. M., Agung, A. A. G., & ... (2023). E-Modul Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah, 7(1), 82–92. https:/ /ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JIPP/article/view/58538.

Muhardini, S., Haifaturrahmah, H., Sudarwo, R., Kartiani, B. S., Anam, K., Mahsup, M., Khosiah, K., Ibrahim, I., Herianto, A., Sabaryati, J., Bilal, A. I., Darmurtika, L. A., Ihsani, B. Y., & Hardi, R. S. (2023). Pengembangan Modul Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (Ipas) Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 9(1), 182. https://doi.org/10.31764/orbita.v9i1.14742.

Netofa, N. P. D. Z., & Japa, I. G. N. (2022). E-Modul Pembelajaran Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 576–584. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.49531.

Parinduri, W. M., Rambe, T. R., Kesumawati, D., & Franklin, T. N. D. (2022). The Development of Digital Module for Natural Sciences to Improve Islamic Elementary School Students’ Learning Outcomes. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 14(2), 183–204. https:/ /doi.org/10.18326 /mdr.v14i2.183-204.

Pohan, A. H., Gurning, B. F., Ginting, S., & Yus, A. (2023). Keefektifan Modul Tematik Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 74–78. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3167.

Putri, I. P., Yuniasih, N., & Sakdiyah, S. H. (2020). Pengembangan e-modul berbasis kvisoft flipbook maker perjuangan para pahlawan di kelas IV sekolah dasar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4, 523–530. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/553.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. https:/ /stahnmpukuturan.ac.id /jurnal/index.php/edukasi/ article/view/1395.

Restina, Dwi Novri Asmara, R. H. (2021). PENGEMBANGAN E-MODULE PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 14 KOTO BARU. 9(1), 319–331. https://unars.ac.id/ojs/index.php /pgsdunars/article/view/1124.

Rofiyadi, Y. A., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif Berbasis Android Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(2), 54. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575.

Safitri, A., & Kabiba, K. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(1), 334–346. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i1.4139.

Salsabila, S. P., & Syaban, M. B. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Materi Penampakan Alam Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 7896–7905. https:// doi.org/ 10.31004/ basicedu.v6i5.3649.

Simamora, A. H., Jampel, N., & Tegeh, I. M. (2022). E-Book Berdasarkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 64–74. https:/ /doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46353.

Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124–130. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145.

Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974.

Wilyanti, L. S., Larlen, L., & Suryani, I. (2021). Pengembangan E-Book Mata Kuliah Drama sebagai Media Pembelajaran Mandiri di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 156. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1136.

Yulia Aftiani, R., Khairinal, K., & Suratno, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583.

Published

2024-03-01

How to Cite

I Gusti Ayu Diantari Pradnya Dewi, & Anak Agung Gede Agung. (2024). Media E-Modul Berbasis Masalah Pada Muatan Pelajaran IPAS Materi Gaya di Sekitar Kita Kelas IV. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/74468

Issue

Section

Articles