Video Pembelajaran Berbasis Proyek Mata Pelajaran IPAS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD
Keywords:
ADDIE, Video Pembelajaran, PjBl, Pengetahuan IPASAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media video pembelajaran berbasis proyek mata pelajaran IPAS untuk siswa kelas V SD dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa hasil uji rancang bangun memperoleh skor 90,90%, hasil uji materi pembelajaran memperoleh skor 100%, hasil uji desain pembelajaran memperoleh skor 95,83%, hasil uji media pembelajaran memperoleh skor 96,67%, uji perorangan memperoleh skor 95,83%, dan uji kelompok kecil memperoleh skor 92,13% dengan keseluruhan persentase skor berada pada kualifikasi sangat baik, serta hasil uji efektivitas produk menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran berbasis proyek. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media video pembelajaran berbasis proyek layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi Indonesiaku kaya hayatinya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V SD Negeri 3 Ubung Denpasar.
References
Agastya, D. N. K. & I. W. Sujana. (2023). Learning Video Media in Natural and Social Science Subjects for Fourth-Grade Elementary School. Jurnal Edutech Undiksha, 11(1), 20-30. https://doi.org/10.238 87/jeu.v11i1.54601.
Agung, A. A. G. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Agustini, K. & J. G. Ngarti. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R&D. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 62-78. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403.
Alpian, Y., dkk. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.36805/ jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.
Anggraeni, N. O., dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 8(1), 22. https://doi.org/10.26737/ jpipsi.v8i1.3976.
Aprilia, N. K. A. M. D. & N. W. Suniasih. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 91-99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348.
Arsana, I. W. O. K. & I. W. Sujana. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning dalam Muatan Materi IPS. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 134-143. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32817.
Astri, N. K. D., dkk. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 575-585. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4371.
Bastari, K. (2021). Belajar Mandiri dan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik, Antara Tuntutan dan Tantangan. Academia (Jurnal Inovasi Riset Akademik), 1(1), 68-77. https://doi.org/10.51878/acade mia.v1i1. 430.
Codreanu, E., dkk. (2020). Between Authenticity and Cognitive Demand: Finding a Balance in Designing a Video-Based Simulation in the Context of Mathematics Teacher Education. Teaching and Teacher Education, 95, 11-12. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103146.
Dewi, K. D. U., dkk. (2021). Video Pembelajaran Kontekstual pada Topik Daur Hidup Hewan dan Upaya Pelestariannya untuk Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 385-396. https://doi.org/10.238 87/jjpgsd.v9i3.37724.
Duke, N. K., dkk. (2021). Putting PjBL to the Test: The Impact of Project Based Learning on Second Graders’ Social Studies and Literacy Learning and Motivation in Low-SES School Settings. American Educational Research Journal, 58(1), 160-200. https://doi.org/10.3102/000 2831220929638.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar, 1(15), 96-102.
Ilyas, M. I., dkk. (2022). Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Video Scribe Berbasis Pembelajaran Tematik untuk Topik Keseimbangan Ekosistem bagi Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(3), 431-438. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.53473.
Junia, N. M. I. & I. W. Sujana. (2023). E-Modul Interaktif Berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran IPAS Materi Kekayaan Budaya Indonesia bagi Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 130-139. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.60243.
Kafah, A. K. N., dkk. (2020). Development of Video Learning Media Based on Powtoon Application on the Concept of the Properties of Light for Elementary School Students. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 34-40. https://doi.org/10. 30870/gravity.v6i1.6825.
Karo-Karo, I. R. & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91-96. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778.
Makkonen, T., dkk. (2021). Engagement in Learning Physics Through Project Based Learning: A Case Study of Gifted Finnish Upper Secondary Level Students. Journal of Advanced Academics, 32(4), 501-532. https://doi.org/10.1177/1932202X211018644.
Mashuri, D. K. & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893-903.
Nafik, I., & N. Efendi. (2022). The Effect of Project Based Learning Model on Science Learning Outcomes for Grade 4 Elementary School. Academia Open, 7, 1-15. https://doi.org/10.21070/acopen.7.2022.4291.
Ningsih, N. P. A., dkk. (2022). Animated Video Media with Contextual Approach on Social Science Subject in Fourth Grade Elementary School. International Journal of Elementary Education, 6(3), 412-421. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.49241.
Octavyanti, N. P. L. & I. G. A. A. Wulandari. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66-74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223.
Ou, C., dkk. (2019). Designing and Developing Video Lessons for Online Learning: A Seven-Principle Model. Online Learning Journal, 23(2), 82-104. https://doi.org/10.24059/olj.v23i2.1449.
Pangestu, I. B. G. S. (2021). Cultural Map Based on Smart-Disc Audiovisual on the Diversity of Social Studies Learning Culture for Grade IV Elementary Students. International Journal of Elementary Education, 5(1), 123-130. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.33126.
Pérez, M. P., dkk. (2020). Video Explanations as a Useful Digital Source of Education in the Covid-19 Situation. Journal of Elementary Education, 13(4), 395-412. https://doi.org/10.18690/rei.13.4.395-412.2020.
Prabawati, L. D. & D. P. Ambara. (2022). Media Video Pembelajaran Berbasis Proyek pada Tema Tanaman Sub Tema Cara Bercocok Tanam untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(2), 197-206. https://doi.org/10.23887/ paud.v10i2.49950.
Pradipta, dkk. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Project Based Learning Pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem Kelas V SD. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 375-384. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i2.47545.
Pratama, I. P. A., dkk. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning pada Materi Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 317-329. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.47377.
Pratiwi, N. W. A. & I. B. S. Manuaba. (2021). The Effectiveness Of a Concrete Media Assisted Project Based Learning Model on Students Science Competency. Journal of Education Technology, 4(4), 465-470. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.27112.
Pratiwi, K. I. A., dkk. (2023). Project Based Learning Interactive Multimedia with Orientation of Environmental Problems Assisted by Articulate Storyline 3 for Grade V Elementary Schools. Journal of Education Technology, 7(2), 332-342. https://doi.org/10.23887/jet.v7i2.59615.
Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777.
Purnami, P. D. D. & N. W. Suniasih. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 156-166. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775.
Puspitarini, Y. D., dkk. (2018). Developing Powtoon-Based Video Learning Media for Five Grade Students of Elementary School. Atlantis Press, 165, 173-177. https://doi.org/10.2991/iccsr-18.2018.37.
Rahayu, I., & Sukardi. (2021). The Development of E-Modules Project Based Learning for Students of Computer and Basic Networks at Vocational School". Journal of Education Technology, 4(4), 398-403. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29230.
Ratnathatmaja, I. M. & I. W. Sujana. (2022). Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 127-135. https://doi.org/10. 23887/jlls.v5i1.46605.
Rozi, F., dkk. (2020). Development of Tutorial Video Media Based on Project Based Learning in Class XI State Vocational School 1 Pakam Lubuk. Journal of Physics: Conference Series, 1, 6-10. https://doi.org/ 10.1088/1742-6596/1485/1/012056.
Rusilowati, A., dkk. (2022). Konsep Desain Pembelajaran IPAS Untuk Mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal. Journal of Mathematics and Natural Sciences.
Saputra, I. M. M. & I. B. S. Manuaba. (2021). Media Video Animasi Berbasis Project dalam Muatan Materi Kenampakan Alam Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 10-16. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32843.
Saragi, R. & I. M. Tegeh. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Video Scribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 98-107. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.41538.
Sari, N. K. D. P. & I. K. N. Wiyasa. (2021). Development of Interactive Learning Multimedia Indonesia’s Cultural Diversity Material in Social Sciences Learning for Grade IV Elementary School Students. Journal of Education Technology, 5(1), 48-59. https://doi.org/10.23887/ jet.v5i1.32053.
Setiadi, N. P. D. P., dkk. (2022). Pentingnya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Video Pembelajaran Berbasis Discovery Learning. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3), 560-576. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i3.54578.
Silalahi, S., dkk. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Membangun Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1835–1846. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4970.
Siregar, A. D. & L. K. Harahap. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Media Komputasi Hyperchem pada Materi Bentuk Molekul. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1925-1931. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1925-1931.
Susanti, N. K. W. & I. N. Suastika. (2022). Children’s Story Book on Science and Social Learning Oriented Pancasila Student Profile. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 351-357. https://doi.org/10.23887/ jjpgsd.v10i2.46940.
Tegeh, I. M. & I. G. W. Sudatha. 2019. Model-Model Desain Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Ulandari, N. K. Y. & I. W. Sujana. (2023). The Use of Project Based Digital Comics on Social Science Content to Improve Learning Outcomes Students of 5th Grade Elementary School Students. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(3), 457-468. https://doi.org/10.23887/jlls. v5i3.57208.
Untari, R. S., dkk. (2020). The Development and Application of Interactive Multimedia in Project Based Learning to Enhance Students’ Achievement for 2D Animation Making. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(16), 17-30. https://doi.org/10.3991/ ijet.v15i16.16521.
Utami, F. N. (2020). Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif (Jurnal Ilmu Pendidikan), 2(1), 93-100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.91.
Utari, N. P. A. D. & I. W. Sujana. (2022). E-Comic Berbasis Problem Based Learning Muatan IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(2), 253-261. https://doi. org/10.23887/jeu.v10i2.47044.
Widiari, L. E. R., dkk. (2023). Efektivitas E-Modul Berbasis RADEC untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Bab Wujud Zat dan Perubahannya. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 18-27. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59281.
Widyaputri, P. N. S., & Agustika, G. N. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Pecahan Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas IV SD Negeri 1 Blahkiuh Kecamatan Abiansemal. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1). https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.32741.
Yani, L. I., & T. Taufik. (2020). Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3). http://dx.doi.org/10.24036/e-jipsd.v8i3.10396.
Zhong, C. & K. Lyu. (2022). Scaffolding Junior Middle School Students’ Engagement in Online Project Based Learning During the Covid-19 Pandemic: A Case Study from East China. SAGE Open, 12(4), 1-14. https://doi.org/10.1177/21582440221131815.
Zhou, L. & J. Li. (2022). Developing Core Competence with Project Based Learning: Voices from Chinese High School Students Serving Visually Impaired Students. ECNU Review of Education, 5(2), 383-389. https://doi.org/10.1177/20965311211005478.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ni Kadek Ina Febriyanti, Anak Agung Gede Agung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.