Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Video Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50966Keywords:
Video Pembelajaran, ADDIE, IPAAbstract
Masih banyak guru yang kesulitan dalam mengembangkan media yang inovatif. Hal ini berdampak pada motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini, yaitu: untuk menciptakan video pembelajaran pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian pengembangan ini terdiri dari 1 ahli isi mata pelajaran; 1 ahli desain pembelajaran; 1 ahli media pembelajaran. Subjek uji coba produk terdiri dari 12 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: pencatatan dokumen, wawancara, kuesioner, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilain yang diberikan oleh ahli isi bidang studi sebesar 96% dengan predikat sangat baik. Hasil penilaian ahli desain pembelajaran sebesar 88% dengan predikat baik. Hasil penilaian ahli media pembelajaran sebesar 94% dengan predikat sangat baik. Hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 94,66% dengan predikat sangat baik. Hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 93,11% dengan predikat sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran pada mata pelajaran IPA valid dan layak diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas.
References
Acosta-Medina, J. K., Torres-Barreto, M. L., & Cárdenas-Parga, A. F. (2021). Students’ preference for the use of gamification in virtual learning environments. Australasian Journal of Educational Technology, 37(4), 145–158. https://doi.org/10.14742/ajet.6512. DOI: https://doi.org/10.14742/ajet.6512
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78.
Anggraeni, D., Hartati, T., Iswara, P. D., & Riswanto, A. (2022). The Influence of Creative and Fun Learning Models through Project Based Learning ( PjBL ) Methods on Increasing Student Achievement. International Conference on Elementary Education, 4, 163–173.
Anwar, Z., Kahar, M. S., Rawi, R. D. P., Nurjannah, N., Suaib, H., & Rosalina, F. (2020). Development of Interactive Video Based Powerpoint Media In Mathematics Learning. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 167–177. https://doi.org/10.26858/est.v6i2.13179. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v6i2.13179
Budi Utama, I. K. D. A., Renda, N. T., & Bayu, G. W. (2021). Tingkatkan Hasil Belajar Materi Globalisasi Siswa Kelas VI SD dengan Media Video Pembelajaran. Mimbar Ilmu, 26(3), 466. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39964. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39964
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501
Cetinkaya Eren, O., Buker, N., Tonak, H. A., & Urguden, M. (2022). The effect of video-assisted discharge education after total hip replacement surgery: a randomized controlled study. Scientific Reports, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.1038/s41598-022-07146-y. DOI: https://doi.org/10.1038/s41598-022-07146-y
Clowdyanty, V., Mangkurat, U. L., Informasi, T., & Daring, P. (2022). Sikap Guru Terhadap Penggunaan Teknologi Infornmasi Sebagai Bentuk Inovasi Pendidikan Di Era Kekinian Pada Masa Pandemi Covid-19. 1–10. https://doi.org/10.31219/osf.io/w7q3f. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/w7q3f
Colasante, M., & Douglas, K. (2016). Prepare-participate-connect: Active learning with video annotation. Australasian Journal of Educational Technology, 32(4), 68–91. https://doi.org/10.14742/ajet.2123. DOI: https://doi.org/10.14742/ajet.2123
David Hasiholan, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia dengan Menggunakan Aplikasi Powtoon. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(8.5.2017), 2003–2005.
Edwina, A., & Anugraheni, I. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Animaker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Puisi Mapel Bahasa Indonesia Kelas 3 SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 391–402. https://doi.org/10.5281/zenodo.6379004.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fatimah, H., & Syahrani, S. (2022). Leadership Strategies In Overcoming Educational Problems. Indonesian Journal of Education (INJOE), 3(2), 282–290. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.34. DOI: https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.34
Fitriani, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran audio-visual powtoon tentang konsep diri dalam bimbingan kelompok untuk peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/950.
Fitrianingsih, Nur Hardiansyah, S., & Fitriati, Afriani, I. (2022). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 23–29.
Hafiza, M., Marlina, L., & Astuti, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Whiteboard Animation pada Materi Hidrokarbon sebagai Media Alternatif Pembelajaran Daring. JURNAL INOVASI PEMBELAJARAN KIMIA, 4 No.1. DOI: https://doi.org/10.24114/jipk.v4i1.33661
Hamzah, B. Uno & Nina, L. (2016). Landasan Pendidikan (Suryani (ed.); Cet. 1). Bumi Aksara.
Hidayati, D. W., Kurniati, L., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2022). Pelatihan Editing Video untuk Menunjang Proses Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 58–66. DOI: https://doi.org/10.31331/manggali.v2i1.1960
Hoerudin, C. W. (2022). Implementasi Model Tipologi Interaksi Untuk Meningkatkan Interaksi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Online. Research And Development Journal Of Education, 8(1), 242–255. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12436. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.12436
Hutami, R. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 Sekolah Dadar Swasta Salsabila Young Panah Hijau. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–145. DOI: https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i2.115
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478. DOI: https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Iqbal, Sofia, & Sohail, S. (2021). Challenges of Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal of Gandhara Medical and Dental Science, 8(2), 1. https://doi.org/10.37762/jgmds.8-2.215. DOI: https://doi.org/10.37762/jgmds.8-2.215
John, W. (2022). Philosophy and Practical Education. Taylor & Francis.
Kaan, E. (2022). Comparison of grammar teaching by the intuitive and direct lecture methods in terms of their effect on student achievement and attainment. International Journal of Curriculum and Instruction, 14(1), 1071–1087.
Kurniawan, T. D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD se-KecamatanGedang Sari Gunung Kidul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(1), 21–26.
Lasfeto, A. R. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Group Investigation Berbantuan Video Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(3), 1–7. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12631. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12631
Marian, A. L. (2021). Utilization of AudioVisual Media as a Source of Historical Learning in Distance Learning. HISPISI: Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 601–604.
Meggy, H. (2020). Implementation of Interactive Video in Improving Family-Based Intervention Ability to Parents of Special Needs Students. The 3rd International Conference on Elementary Education, 3(November), 370–374.
Mesiono, & Sahana, W. (2022). Students’ Experience in Vocabulary Memorizing of Adjective by Using TikTok Duet Video. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 3(Januari), 40–52.
Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 88–99.
Ngarti, J. G. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Implementasi Dalam Suasana Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(April), 55–67.
Ni Nyoman, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas III SD. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2), 166. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i2.5063. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i2.5063
Ningrum, Qurrotul Silvia Hawa; Khotimah, K. (2022). Pengembangan Video Motion Graphic Untuk Materi Menulis Hasil Penelitian Dan Pembahasan Pada Mata Kuliah Teknik Penulisan Karya Ilmiah Jurusan Teknologi Pendidikan Di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 12(5), 1–6.
Nugraha, A. A. P. P. Y., & Widiana, I. W. (2021). Learning Alternative Energy using Graphic Video Media. International Journal of Elementary Education, 5(2), 224. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.35154. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.35154
Nur, K. dkk. (2021). Inovasi Pendidikan (R. Ronal, Watrianthos & Alex (ed.); Cet. 1). Yayasan Kita Menulis.
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223
Okta Priantini, D. A. M. M. (2021). The Development Of Teaching Video Media Based On Tri Kaya Parisudha In Educational Psychology Courses. Journal of Education Technology, 4(4), 448. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29608
Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8.
Ponza, P. jerry R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Kelas IV SD. Jurnal Edutech, 6(1), 9–19.
Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono, D. (2018). Developing Powtoon-Based Video Learning Media for Five Grade Students of Elementary School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 165(Iccsr), 173–177. https://doi.org/10.2991/iccsr-18.2018.37. DOI: https://doi.org/10.2991/iccsr-18.2018.37
Putra, I. K. A. A. ., Suarsana, I. M., & Suharta, I. G. . (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Pecahan untuk Siswa SMPLB Tunarungu dengan Pendekatan Multi Representasi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 9(01), 69–84. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v9i01.731
Rahmadanti, Muhammad Fahri, S. S. (2022). Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Jarak Jauh Di Kelas IV Sdip Daarul Jannah. Jurnal Pendidikan Guru, 3(2), 129–140. DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v3i2.7200
Rengganis, E. Y. (2021). Analisis Persepsi Peserta Didik Terhadap Penggunaan Video Sebagai Solusi Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Kelas VIII Mts N 6 Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika SIGMA, 13, 152–159. DOI: https://doi.org/10.26618/sigma.v13i2.6212
Rosanaya, S. L., & Fitrayati, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2258–2267. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.785
Saman, Ma’rufi, A. T. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematikamatematika Dalam Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Pedagogy, 4(1), 1689–1699.
Sari, M. R. P., & Astawan, I. G. (2021). Learning Heat Conductors and Insulators Using Video-Based Learning Media. International Journal of Elementary Education, 5(1), 70. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34442. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34442
Suciani, D., Rati, N. W., & Sudatha, I. G. W. (2020). Video Media Assisted Example Non Example Model on Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 4(2), 208. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.25346. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.25346
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393
Syauqi, K., Munadi, S., & Triyono, M. B. (2020). Students’ perceptions toward vocational education on online learning during the COVID-19 pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 881–886. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20766. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20766
Tegeh; Jampel; & Pudjawan. (2014). Model penelitian pengembangan (Cet. 1). Graha Ilmu.
Trenda Aktiva Oktariyanda, G. W. P. (2020). Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Komunikasi Bagi Mahasiswa Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(2), 111–117. https://doi.org/10.24269/dpp.v8i2.2511. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v8i2.2511
Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273
Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376
Wijaya, S. H., Tegeh, I. M., & I.K. Suartama. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1). https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644.
Wijaya, S. H., Tegeh, I. M., & Suartama, I. K. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Yulis, P. & Swaditya, R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Jurnal Aksioma, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95
Zhang, H., & Zeng, Y. (2022). The Education for Sustainable Development, Online Technology and Teleological Rationality: A Game between Instrumental Value and Humanistic Value. Sustainability (Switzerland), 14(4). https://doi.org/10.3390/su14042101. DOI: https://doi.org/10.3390/su14042101
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.