Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Menjaga Kebhinekaan Indonesia Kelas IV SD No. 4 Benoa Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Kadek Diah Wulandari Mahasiswa
  • Anak Agung Gede Agung Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Pengembangan, Multimedia Interaktif, , Media Pembelajaran

Abstract

Multimedia interaktif diharapkan mampu meningkatkan antusiasme dan minat siswa dalam proses pembelajaran serta meningkatkan kualitas pembelajaran. Akan tetapi, kurangnya kompetensi guru terhadap pengembangan multimedia interaktif ini masih kerap dijumpai. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Menjaga Kebhinekaan Indonesia Kelas IV SD No. 4 Benoa Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan statistic inferensial. Hasil penelitian ini menemukan bahwa uji efektivitas memperoleh hasil  sebesar 13,436 untuk dk 25 dan taraf signifikansi 5% = 2,060, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini yakni terbukti bahwa Multimedia Interaktif berbasis tipe Make A Match layak digunakan pada proses pembelajaran bedasarkan hasil penilaian oleh subjek uji coba.

References

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi. org/10.2 1067/ jbpd.v2i1a.2351.

Bertha, Y., & Yulfia, N. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe FLash CS6 Pada Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. 5(2). http:// repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10056% 0Ahttp://repo.bunghatta.ac.id/10056/6/BAB II. Latar Belakang Masalah-Spesisfikasi Produk%281%29 bertha.pdf.

Danil, M., Yulia, & Hasnah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Wajo. Pinisi Journal Of Education, 2(5), 165–175.http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2591%0Ahttps: //journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/2591/1577.

Husein, S., Gunawan, Harjono, A., & Wahyuni, S. (2019). Problem-Based Learning with Interactive Multimedia to Improve Students’ Understanding of Thermodynamic Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012028.

N.A. Dewi, I.G.A. Wesnawa, & I.W. Kertih. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Peta Pikiran, Keterampilan Sosial Dan Kompetensi Pengetahuan Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 21–33. https://doi.org/10.23887/pips. v5i1.242.

Oktavia, N., & Desyandri, D. (2021). Validitas dan Praktikalitas Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar Kota Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 58. https://doi.org/10.24036/ jippsd.v4i2.112704.

Rejekiningsih, T., Budiarto, M. K., & Sudiyanto, S. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Potensi Lokal Untuk Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Di Sma. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 167. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n2.p167--185.

Sari, M. G., & Harni. (2021). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal of Basic Education Studies, 4(1), 120-.

Sartono, E. K. E., Sekarwangi, T., & Herwin, H. (2022). World Journal on Educational Technology : Current Issues understanding of civic concepts and learning motivation. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 14(2), 356–368.

Sisdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Zitteliana, 19(8), 159–170. bisnis ritel - ekonomi.

Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Development of augmented reality-based interactive multimedia to improve critical thinking skills in science learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331–344. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12421a.

Wulandari, I. G. A. A. P., Agung, A. A. G., & Suartama, I. K. (2022). Multimedia Interaktif Berorientasi Model Cooperative Learning pada Mata Pelajaran IPS untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 393–402. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49771.

Published

2024-08-30

How to Cite

Kadek Diah Wulandari, & Anak Agung Gede Agung. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Menjaga Kebhinekaan Indonesia Kelas IV SD No. 4 Benoa Tahun Ajaran 2023/2024. Mimbar Pendidikan Indonesia, 5(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/76395

Issue

Section

Articles