Kegiatan Seni Tari Kreasi Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.23887/paud.v11i1.63471Keywords:
Kegiatan Seni, Tari Kreasi, Kepercayaan Diri Anak di Sekolah.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kepercayaan diri, kepercayaan diri yang dimaksud yaitu kesadaran diri anak, rasa tanggung jawab, dan perilaku prososial. Dari permasalahan tersebut perlu diberikan metode mengajar yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kegiatan tari kreasi terhadap kepercayaan diri anak kelompok B. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelompok B. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa dari kelompok B1 dan B2 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang sebagai kelompok eksperimen dengan penerapan tari kreasi, sedangkan kelompok B5 dan B6 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang digunakan sebagai kelompok kontrol. Data hasil kepercayaan diri anak dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan seni tari kreasi terhadap kepercayaan diri anak kelompok B. Selain itu, berdasarkan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kelompok eksperiman lebih besar dari skor rata-rata kelompok control. Disimpulkan bahwa kegiatan seni tari kreasi dapat meningkatkan kepercayaan diri anak kelompok B.
References
Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.301
Anak, P., Dini, U., & Jakarta, U. N. (2020). Anak Usia Dini Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630–638. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405
Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD - Neliti. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.138. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.138
Arisyanto, P., Sundari, R. S., & Untari, M. F. A. (2018). Pembelajaran Ekstrakurikuler Tari Untuk Penanaman Karakter Bagi Siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 3(1). https://doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4062. DOI: https://doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4062
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). Kebun Buah Learning Media for Early Childhood Counting Ability. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128
Azis, M. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD Di Kelompok Bermain Fun Islamic School. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5927. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5927
Ciptaningtyas, A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 686. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440
Dinata. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Menari Kreatif Paud Bintang Besar. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 36–42. https://doi.org/10.51878/edukids.v1i1.374. DOI: https://doi.org/10.51878/edukids.v1i1.374
Fransiska, T., D., & Agusta. (2016). Hubungan Antara Rasa Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Karya Sekadau Tahun Pelajaran 2014/2015. Vox Edukasi, 7(1), 51–66. https://doi.org/10.31932/ve.v7i1.64.
Handayani, Purwadi, & Prasetiyawati. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Melalui Permainan Alat Musik Tradisional Angklung Pada Anak Kelompok B RA Karakter Semarang. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3272. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v7i2.3272
Hermayanti, T. (2015). Peningkatan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Menari. Kreatif: Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2).
Husain, R., & Kaharu, A. (2021). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527
Irani, I., Adhani, D. N., & Yuniar, D. P. (2021). Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 tahun yang Mengikuti Ekstrakurikuler Tari Melalui Tari Karapan Sapi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 34–45. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.11558. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.11558
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Jayanti, Y. D. (2020). Tari Kreatif Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa. Equalita: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(2), 227. https://doi.org/10.24235/equalita.v2i2.7433. DOI: https://doi.org/10.24235/equalita.v2i2.7433
Junaida, S., Kusdiyanti, H., & Churiyah, M. (2016). Meningkatkan Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa melalui Pengembangan Modul Mata Pelajaran Memberikan Pelayanan kepada Pelanggan Berbasis Guided Inquiry Siti. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 2(1), 75–93.
Kusumawati, E., & Ambarsari, R. Y. (2021). Implementasi Permainan Tradisional Untuk Mengontrol Sosial Emosional Selama Proses Pembelajaran Daring Pada Anak Usia BERNAS: Jurnal Pengabdian, 2(2), 524–529. https://doi.org/10.31949/jb.v2i2.923.
Lestariani, L. P., Mahadewi, L. P. P., & Antara, P. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran tari kreatif terhadap kemampuan motorik kasar kelompok b gugus I Kecamatan Banjar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 236–245. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.19010
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123. DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Mustika Sari, I. T., Toha, H., & Nurani, Y. (2018). Improving Early Childhood Prosocial Behavior through Activity Storytelling with Puppets. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 155. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.75. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.75
Nuraeni, S., Maesaroh, A., & Sumitra, A. (2019). Optimalisasi Keterampilan Berbicara Untuk Meningkatkan Keyakinan Diri Anak Usia Dini Di Tk Baiturrahman Kabupaten Bandung. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(4). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p166-172. DOI: https://doi.org/10.22460/ceria.v2i4.p166-172
Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(02), 91–102. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.346. DOI: https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.346
Nurjanah, N. E. (2020). Pembelajaran Stem Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal ilmiah kajian ilmu anak dan media informasi PAUD, V(1), 19–31. https://doi.org/10.33061/jai.v5i1.3672.
Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Project-Based Drawing Activities in Improving Social-Emotional Skills of Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114
Purnamasari, T. A., & Permanasari, A. T. (2019). Implementasi Pembelajaran Tari Dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 4(1), 25–35.
Purworahayu, D., & Rusmawati, D. (2018). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Sma Negeri 1 Kemangkon Di Kabupaten Purbalingga. Jurnal Empati, 7(2). https://doi.org/10.14710/empati.2018.21703. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2018.21703
Puspita, P. M., Wirya, N., & Antara, A. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Tk Catur Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7809.
Rahayu, C., Warlizasusi, J., Ifnaldi, I., & Khairiah, D. (2022). Concept Analysis of the Independent Learning Curriculum in the Mass of Covid 19 at Early Childhood Education Institutions. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.5i1.11459. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v5i1.11459
Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.282. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.282
Sari, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 157–170. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206. DOI: https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206
Seni, P., & Kendari, A. K. (2019). Pembelajaran Seni & Budaya. Pembelajaran Seni Dan Budaya, 4(2), 70–77.
Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Emasains, 5(1), 66–72. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.74. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v1i3.74
Sopia, H. F., & Wutsqa, D. U. (2015). Keefektifan Pendekatan Realistik Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Kepercayaan Diri Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 146–154. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9139. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9139
Sugiartini, N. K., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 171. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853. DOI: https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. In Alfabeta.
Sutini, N. M., Sanjaya, P., & Indrayasa, K. B. (2021). Pembelajaran Tari Kreatif Dalam Latihan Kemampuan Motorik Kasar Anak Pada Siswa Kelompok Bermain Werdhi Kumara Di Desa Belatungan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Nawa Sena: Jurnal PGPAUD, 1(2), 61–70.
Tatminingsih, S. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Nusa Tenggara Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 484. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.170
Umi, R., Nopriansyah, U., & Purnama, S. (2019). Korelasi kepemimpinan kepala taman kanak-kanak terhadap kinerja kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4552. DOI: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4552
Utari, A. A., & Yeni, I. (2020). Pengaruh Tari Kreasi Terhadap Pengembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-02. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-02
Wahyuni, S., & Purnama, S. (2020). Pengembangan Religiusitas melalui Metode Kisah Qur’ani di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.523
Yulianti, R. (2016). Pembelajaran tari kreatif untuk meningkatkan pemahaman cinta lingkungan pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 29–42. https://doi.org/10.30870/jpks.v1i1.851.
Yuniarni, Sari, & Atiq. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni kadek ayu Damayanti, Nice Maylani Asril, Dewa Gede Firstia Wirabrata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)